Sabtu, 31 Maret 2012

9 Lubang Paling Terkenal di Dunia

Alam tak pernah berhenti menunjukkan penomenanya, seperti 9 lubang yang paling terkenal di dunia pada Courtesy of National Geographic berikut ini :

9. Lisbon Sinkhole, Portugal
Sebuah bus yang sedang parkir masuk kedalam tanah, akibat amblasnya tanah disekitarnya di Lisbon, Portugal pada tahun 2003















8. Guatemala Sinkhole
Hujan lebat dan badai tropis mungkin yang menyebabkan amblasnya tanah sehingga menyebabkan lubang besar di Guatemala.









7. Winter Park Sinkhole, Florida
Winter Park Sinkhole terjadi dibawah kolam renang kota setempat di Florida pada tahun 1981.










6. Mulberry Sinkhole, Florida
Amblas pada kedalaman 56 meter, lubang ini terjadi pada tahun 1994 di Mulberry, Florida.










5. Gread Blue Hole, Belize
Berada pada jarak 60 mil dari Belize City, lubang dengan diameter 0.4 kilometer ini adalah sebuah tempat yang cocok untuk menyalam, dengan kedalam 145-480 meter membuat warna kebiruan pada lubang tersebut. Seorang penyelam menemukan mayat penyelam lain didasar lubang lengkap dengan diving dan tabung oksigennya.





4. Picher Sinkhole, Oklahoma
Beberapa tambang seng dan timah digali terlalu dekat dengan permukaan tanah sehingga tanah tidak dapat menahan beban diatasnya sehingga terbentuk  Picher Sinkhole pada tahun 2008 di Picher, Oklahoma, dekat perbatasan Kansas.







3. Iceland Sinkhole
Seorang petualang Mick Coyne sedang menuruni sebuah lubang pembuangan menuju hulu dari Jokulsa, yang merupakan sungai terpanjang kedua di Islandia.














2. Ik-Kil Cenote Mexico
Perenang mengapung di perairan Saphirre dari Cenote Ik-Kil, dekat lokasi Maya Chichen Itza di Mexico, Semenanjung Yucatan. Cenote berarti “kebaikan alam” dalam bahasa Spanyol, sinkhole terjadi di permukaan laut yang menciptakan kolam yang airnya jernih dan biasa digunakan olah Maya royalti baik untuk relaksasi dan ritual pengorbanan.











1. Neversink Pit, Alabama
Lubang Neversink, lubang yang terjadi akibat amblasnya batu kapur basah di Alabama pada tahun 1998, memiliki kadalaman sekitar 50 kaki (15 meter), lubang ini dibeli pada tahun 1990-an oleh sekelompok caver untuk melestarikannya untuk generasi mendatang.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar